Nih, “Ritual Wajib” Sebelum Pindah Rumah!


Shutterstock

Jangan lupa, berikan label bertuliskan daftar atau kategori barang yang ada di dalam kotak penyimpanan. Hal ini akan memudahkan pengecekan kembali terhadap barang yang akan dibawa.

 

 

KOMPAS.com – Anda tiba-tiba mendapatkan tawaran menarik dari pekerjaan baru, tetapi lokasinya jauh dari rumah. Mau tak mau, salah satu cara mengatasinya adalah Anda harus pindah rumah ke lokasi yang lebih dekat dengan kantor. Apalagi, jika keluarga juga mendukung rencana Anda.

Namun, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan agar agenda pindah rumah ini tidak menjadi kegiatan menyulitkan diri sendiri. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Pilih waktu

Tentukanlah hari luang Anda, misalnya saat akhir pekan. Lakukan aktivitas pindah rumah pada pagi hari agar Anda memiliki waktu panjang untuk mereposisi barang-barang di rumah baru.

Setelah Anda menentukan waktu pindahan, pesan kendaraan untuk mengangkut barang-barang. Pastikan kendaraan yang dipesan dapat menjamin keamanan barang Anda.

Kelompokkan barang

Setelah menyiapkan kardus dalam jumlah yang cukup, pisahkan barang-barang sesuai jenisnya. Untuk dokumen-dokumen penting, seperti sertifikat, ijazah, akta tanah, akta kelahiran, atau buku tabungan, sebaiknya disimpan pada tempat yang aman dan mudah diingat. Jangan menyimpan deterjen bersamaan dengan makanan atau obat dalam satu kotak untuk mencegah kontaminasi.

Bagi perabotan pecah belah, seperti piring, gelas, atau guci, sebaiknya dilindungi dengan memberi alas handuk pada kardus atau kotak agar tidak pecah. Tumpuk barang tersebut dan pastikan sisi bawah dan sisi atas terlapisi dengan handuk tebal.

Jangan lupa, berikan label bertuliskan daftar atau kategori barang yang ada di dalam kotak penyimpanan. Hal ini akan memudahkan pengecekan kembali terhadap barang yang akan dibawa.

Jangan memaksakan diri

Jangan paksakan memindahkan semua barang dalam satu kali perjalanan. Jika memang harus menempuh perjalanan panjang, segera pisahkan barang-barang elektronik dengan barang lainnya karena rentan pecah atau rusak. Anda pun harus lebih hati-hati membawanya dengan menghindari guncangan besar.

Setelah berhasil mengangkut barang ke rumah baru, Anda pasti pusing untuk merapikannya kembali. Jika badan terlalu lelah, istirahatkan sejenak sebelum merapikan semua perabotan. Atau, Anda dapat memanfaatkan jasa pindahan rumah (house moving service) yang membuat pekerjaan menjadi lebih praktis dan efisien. (GPW)

Sumber :
Kompas Klasika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s