Rencana Pembangunan Tol JORR 2


Bekasi,
Beredar info bahwa sebagian wilayah Setu – Bekasi Timur akan terkena dampak pembangaun TOL JORR 2, tol ini melintang di sebelah selatan ke timur Jakarta luar, dimulai dari daerah Cimanggis melalui beberapa perumahan elit di Cibubur (Raffless Hills dan Kota Wisata), mengiringi jalur pipa gas sepanjang jalan Serang – Setu sampai daerah Pintu tol Cibitung.

Kabar tersebut menggiring opini bagi warga sekitar Setu, bukan hanya itu digadang-gadangkan akan membawa dampak dari nilai jual tanah di sekililingnya, tak elak warga sendiri terus menanam pohon yang semula ada himbauan bahwa warga yang lahannya terkenan penggusuran untuk tidak menambah jumlah tanaman disekitar pekarangan rumah.

“Iya benar dan memang pernah ada himbauan dari kelurahan, kalo warga tidak boleh lagi menanam pohon, karena katanya siiih setiap pohon akan diganti oleh pemda.” Ujar wanita dengan logat betawi yang tidak mau dicantumkan namanya.

Memang sudah ada beberapa tanda pemasangan patok di wilayah tersebut, namun masih menjadi berita buram mengingat issu tersebut semakin kental terdengar dua tahun belakangan ini. Akan tetapi, samapai saat ini tidak terdengar kabar tentang penggusuran rumah warga yang terkena dampak pembangunan jalan tol JORR 2 tersebut.

“Penundaan pembangunan tol tersebut bukan saja karena negosiasi harga tanah warga yang akan diberi pemerintantah, akan tetapi ada kandungan gas atau pipa gas yang akan dilintasi pembangunan tol tersebut.” Demikian penjelasan dari salah seorang warga yang memiliki kedekatan dengan TATA KOTA, atau pemkod setempat.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Dirwan Dahri mengatakan pihaknya menargetkan proses identifikasi dan inventarisasi lahan yang dipakai untuk kebutuhan pembangunan ruas jalan tol Cimanggis-Cibitung rampung sebelum Mei 2016, sehingga segera dibayarkan.

Menurut Dirwan, ruas jalan bebas hambatan yang melintas di Kabupaten Bekasi sepanjang 14 kilometer. Adapun wilayah yang dilewati, di antaranya Kecamatan Setu dengan lima desa, Kecamatan Cikarang Barat empat desa, dan Kecamatan Cibitung satu desa. Adapun, lahan yang bakal dibebaskan seluas 268,79 hektare dengan jumlah bidang tanah sebanyak 1.242.( Dikutip : TEMPO )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s